Beranda | Artikel
Pelajaran-Pelajaran dari Kisah Nabi Adam Alaihis Salam
Selasa, 28 November 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yala Kurnaedi

Pelajaran-Pelajaran dari Kisah Nabi Adam ‘Alaihis Salam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 14 Jumadal Ula1445 H / 27 November 2023 M.

Kajian Tentang Pelajaran-Pelajaran dari Kisah Nabi Adam ‘Alaihis Salam

Tidaklah Allah Subhanahu wa Ta’ala mengkisahkan Adam, Bapak kita, di Al-Qur’an, dan tidaklah Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda di beberapa hadits tentang beliau melainkan banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Allah ingin agar dari apa yang Allah kisahkan dalam Al-Qur’an, kita mengambil ibrahnya.

Orang yang paling mulia adalah yang paling bertakwa

Pelajaran pertama yang disebutkan di sini adalah bahwa orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. Pelajaran ini diambil dari firman Allah Ta’ala dalam surah Ali Imran ayat 59, di mana Allah berfirman:

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِنْدَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

“Sesungguhnya perumpamaan Nabi Isa di sisi Allah seperti perumpamaan Nabi Adam. Allah menciptakan Nabi Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: ‘Kun, (jadilah),’ maka dia pun jadi.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 59)

Kemudian, di Surah Ar-Rum ayat yang ke-20, Allah Taala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ إِذَا أَنْتُمْ بَشَرٌ تَنْتَشِرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kebesaran Allah adalah Allah menciptakan kalian bermula dari tanah, kemudian tiba-tiba kalian menjadi manusia yang berkembang biak.” (QS. Ar-Rum[30]: 20)

Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits yang dikeluarkan oleh Abu Ya’la, nomor ke-6573:

 إن الله خلق آدم من تراب، ثم جعله طينًا

“Sesungguhnya Allah menciptakan Adam dari tanah. Kemudian Allah jadikan dia menjadi tanah liat.” (HR. Abu Ya’la)

Pesannya di sini adalah bahwa Al-Qur’an dan hadits mengabarkan bahwa Adam diciptakan dari tanah. Dan kita semua manusia adalah anak cucu Adam. Ada pesan yang penting yang disebutkan oleh penulis Rahimahullahu Ta’ala. Beliau berkata bahwa Adam ‘Alaihis Salam adalah Abul Basyar (Bapak semua manusia), diciptakan dari tanah, dan pokok asal dari manusia semuanya adalah dari tanah. Maka tidak boleh bagi siapa pun menyombongkan diri dengan garis keturunannya. Karena tingkatan manusia, mana yang lebih utama, mana yang kurang dari itu, dan seterusnya antara anak cucu Adam, tidak terwujud kecuali dengan yang namanya ketakwaan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ 

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (QS. Al-Hujurat[49]: 13)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53647-pelajaran-pelajaran-dari-kisah-nabi-adam-alaihis-salam/